
Akhir-akhir ini bermunculan website e-commerce (atau lebih tepatnya online shopping) di tanah air. Komoditas yang ditawarkan pun cu kup bera-gam, ada periferal komputer, ponsel, gadget, kaos komunitas, buku, alat kesehatan dan kedokteran, obat-obatan, dan software.Ditilik dari jenis komoditasnya, kita melihat keseragaman: website tersebut menawarkan barang-barang yang memang dibutuhkan oleh sebagian besar pengakses Internet.Mereka mengincar potensi 12 juta pengguna Internet di Indonesia yang sebagian besar (atau mungkin semuanya) berada di kota-kota besar.Hampir semua website online shopping tersebut berbasis di Jakarta.Wajar, sebab Jakarta tempat tumplek-blek nya semua kegiatan ekonomi.Barang, jasa, kurir, dan calon pembeli. Padahal, potensi e-commerce di kota-kota lain sebenarnya sangat besar. Ketersediaan barang dan jasa yang terbatas seharusnya meng giring para pengguna Internet di kota-kota ini memilih berbelanja lewat Internet. Kita juga menunggu website-website e-commerce dari kota-kota tersebut menasional dan menawarkan komoditas khas dari daerahnya masing-masing.
0 komentar:
Post a Comment