Technorati melaporkan, tahun 2006 telah online lebih dari 14 juta blog, dan setiap harinya bertambah sekitar 80 ribu blog baru. Bayangkan berapa banyak blog yang hadir pada tahun 2008 ini. Pertumbuhan yang luar biasa ini didukung oleh banyaknya tool-tool gratis untuk membuat blog di Internet. Kurang dari 5 menit waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membuat account baru pada website-website yang menyediakan blog gratis. Technorati juga mempercayai, bahwa suatu saat nanti blog akan menggeser kedudukan media massa mainstream (koran, tabloid, dan majalah) sebagai sumber informasi terpercaya. Bukan hanya Technorati, banyak praktisi blog yang mempercayai hal ini. Sedikit demi sedikit blog akan menjadi media yang benar-benar eksis dalam siklus penyebaran opini di tengah-tengah masyarakat.Sayangnya, fakta di lapangan merupakan rujukkan hasil yang kurang memuaskan. Sebuah polling yang di lakukan oleh Gollup mengatakan bahwa hanya 9% pengguna Internet yang membaca satu blog secara teratur. Dan angka tersebut belum berubah dalam rentang satu tahun, waktu yang cukup panjang untuk ukuran Internet.Menanggapi hal ini, Design Nine, sebuah konsultan TI yang berbasis di Virginia, AS, menyebutkan hambatan pertumbuhan blogging disebabkan ketidakmampuan para blogger menuliskan ide-idenya dengan bahasa yang baik, mudah dimengerti, dan menarik para pembaca. Dan itu semua berpangkal dari minimnya pengeta-huan mereka dalam bidang jurnalisme. Para blogger saat ini lebih membutuhkan peningkatan skill menulis daripada pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri. Tanpa peningkatan tersebut, sulit rasanya mengharapkan blog menjadi tandingan media massa mainstream yang sudah lebih dulu eksis.(sumber:Technorati)
0 komentar:
Post a Comment