Sunday, May 11, 2008

SMS Santet Muncul Untuk Ganggu Keamanan Jelang Pemilu

Sunday, May 11, 2008 |

Jakarta - Merebaknya SMS santet dimanfaatkan golongan tertentu untuk menimbulkan keresahan masyarakat. Isu yang berbau mistis umum terjadi menjelang Pemilu.

"Hal ini menunjukkan gejala yang sangat nyata, masyarakat Indonesia sangat percaya dengan hal-hal yang imajiner atau khayalan. Lalu karena banyak masalah di masyarakat, upaya ini sangat efektif untuk menimbulkan keresahan," kata pengamat intelijen AC Manullang kepada detikcom, Minggu (11/5/2008).

Pria yang juga mantan Direktur Badan Koordinasi Intelijen Negara (BAKIN) ini menjelaskan, berdasarkan data intelijen, gejala-gejala ini umumnya dimunculkan kelompok yang sudah terorganisir. Dan kelompok ini senangnya menggunakan isu yang imajiner. Maklum saja, masyarakat Indonesia sangat peka dengan hal-hal yang berbau mistik.

"Ini persoalan masalah kepercayaan. Di sinilah isu ini dikembangkan supaya masyarakat kacau balau dan berimbas kepada terancamnya keamanan dan ketertiban di negeri ini," imbuh dia.

Manullang mengimbau, hendaknya masyarakat waspada. Apalagi saat ini teknologi semakin canggih. Masyarakat dinilai belum siap menghadapi proses adaptasi. "Jadi tidak perlu ditanggapi karena itu isu yang dikembangkan masyarakat," imbau penulis buku Menguak Tabu Intelijen: Teror, Motif dan Rezim ini.

Menurut Manullang, gejala-gejala mistik seperti ini tidak hanya sekali terjadi. Bahkan menjelang pemilu 2004 masyarakat digegerkan isu kolor ijo.

"Ini yang harus dilakukan intelijen, sebelum terjadi dengan menangkalnya. Ada hal-hal yang mungkin timbul sebelum pemilu tapi jangan sampai terjadi," pungkas dia(sumber:detikINET.com)


Related Posts



1 komentar:

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://politik.infogue.com/sms_santet_muncul_untuk_ganggu_keamanan_jelang_pemilu